Rabu, 05 Februari 2014

Beberapa Kesalahan-kesalahan yang sering Dilakukan Dalam Berjualan Online

Berjualan online itu bukanlah hal yang mudah, karena kita tidak bisa melakukan transaksi secara langsung kepada pelanggan kita. Berikut ini 5 kesalahan yang sering terjadi dalam berjualan online :

1. Foto produk tidak jelas


Ketika kita berjualan secara online, hal yang paling penting adalah foto produk tersebut. Karena berjualan online hanya akan menunjukkan foto produk, deskripsi dan harga produk tersebut. Sebaiknya kita memiliki gambar terbaik dari produk kita. Untuk foto produk sendiri, sebaiknya diambil dari banyak sisi dan usahakan untuk mengambil gambar dari jarak dekat. Hal ini dilakukan agar pelanggan mengetahui keadaan, model dan bentuk dari produk tersebut dengan sangat jelas. Untuk ukuran gambar sendiri sebaiknya disesuaikan dengan ukuran yang sudah ditentukan pada template website tersebut. Karena apabila terlalu kecil atau terlalu besar, akan mempengaruhi keadaan foto pada saat diperbesar.


2. Detail produk tidak lengkap


Selain foto produk, detail produk adalah salah satu hal yang penting. Karena pelanggan tidak bisa mennyentuh produk kita secara langsung. Sehingga hanya melalui detail produk yang lengkap, jelas dan mudah dimengertilah kita mampu menggambarkan produk kita kepada pelanggan. Detail produk bisa berisi gambaran singkat produk anda, bahan pembuat, ukuran, warna, hingga yang paling penting adalah stock dan harga. Semua itu adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan, yaitu informasi mengenai produk. Kebanyakan usaha toko online tidak berkembang salah satu penyebabnya adalah dari informasi produk itu sendiri, yang kurang lengkap atau bahkan tidak dicantumkan. Sehingga informasi produk sangatlah penting.


3. Barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan foto produk


Kepercayaan pelanggan adalah segalanya. Hal ini juga sangat penting terlebih untuk bisnis online. Salah satu kepercayaan yang bisa diciptakan dalam bisnis online adalah pada saat pengiriman barang kepada pelanggan. Mulai dari keadaan barang yang harus dalam keadaan bagus dan ketetapan waktu pada saat barang datang. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan terhadap toko online kita. Banyak toko online yang gagal mendapatkan kepercayaan itu karena lalai ketika mengirim barang. Mulai dari kesalahan alamat, keterlambatan waktu sampai, hingga produk yang datang tidak sama dengan yang difoto dan dengan yang dipesan.


4. Tidak memperbarui status ketersediaan barang



Salah satu yang harus ada dalam detail produk adalah stok atau ketersediaan barang. Hal ini sangat penting bukan hanya bagi kita pemilik toko online, namun juga untuk pelanggan. Banyak toko online tidak memperbaharui stok atau ketersediaan barang mereka. Sehingga ini bisa menyebabkan miss komunikasi antara pelanggan dan pemilik toko online. Pelanggan bisa saja kecewa atau marah ketika barang yang mereka inginkan bertuliskan masih ada atau stok lebih dari 1, namun ketika memesan ternyata stok sudah habis. Sebaiknya selalu lakukan update untuk stok barang. Atau bisa juga dengan update otomatis dari CMS toko online yang anda miliki.


5. Lama menanggapi pertanyaan pembeli


Tidak jarang pembeli mengajukan pertanyaan mengenai produk anda atau konfirmasi pembayaran. Hal ini biasanya terjadi bisa melalui email, sms, telepon, atau bahkan melalui sosial media. Banyak pelanggan meragukan sebuah toko online karena ketika mereka bertanya mengenai suatu produk, tidak segera mendapat jawaban. Hal ini yang membuat pelanggan malas untuk meneruskan transaksi mereka. Sebaiknya ketika pelanggan bertanya mengenai produk anda, jangan biarkan mereka menunggu lama untuk mendapat jawaban dari kita. Usahakan beri mereka jawaban sesegera mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...