Berjualan online itu bukanlah hal yang mudah, karena kita tidak bisa melakukan transaksi secara langsung kepada pelanggan kita. Berikut ini 5 kesalahan yang sering terjadi dalam berjualan online :
1. Foto produk tidak jelas
Ketika
kita berjualan secara online, hal yang paling penting adalah foto
produk tersebut. Karena berjualan online hanya akan menunjukkan foto
produk, deskripsi dan harga produk tersebut. Sebaiknya kita memiliki
gambar terbaik dari produk kita. Untuk foto produk sendiri, sebaiknya
diambil dari banyak sisi dan usahakan untuk mengambil gambar dari jarak
dekat. Hal ini dilakukan agar pelanggan mengetahui keadaan, model dan
bentuk dari produk tersebut dengan sangat jelas. Untuk ukuran gambar
sendiri sebaiknya disesuaikan dengan ukuran yang sudah ditentukan pada
template website tersebut. Karena apabila terlalu kecil atau terlalu
besar, akan mempengaruhi keadaan foto pada saat diperbesar.
2. Detail produk tidak lengkap
Selain
foto produk, detail produk adalah salah satu hal yang penting. Karena
pelanggan tidak bisa mennyentuh produk kita secara langsung. Sehingga
hanya melalui detail produk yang lengkap, jelas dan mudah dimengertilah
kita mampu menggambarkan produk kita kepada pelanggan. Detail produk
bisa berisi gambaran singkat produk anda, bahan pembuat, ukuran, warna,
hingga yang paling penting adalah stock dan harga. Semua itu adalah hal
yang sangat dibutuhkan oleh pelanggan, yaitu informasi mengenai produk.
Kebanyakan usaha toko online tidak berkembang salah satu penyebabnya
adalah dari informasi produk itu sendiri, yang kurang lengkap atau
bahkan tidak dicantumkan. Sehingga informasi produk sangatlah penting.
3. Barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan foto produk
Kepercayaan
pelanggan adalah segalanya. Hal ini juga sangat penting terlebih untuk
bisnis online. Salah satu kepercayaan yang bisa diciptakan dalam bisnis
online adalah pada saat pengiriman barang kepada pelanggan. Mulai dari
keadaan barang yang harus dalam keadaan bagus dan ketetapan waktu pada
saat barang datang. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap
kepercayaan pelanggan terhadap toko online kita. Banyak toko online yang
gagal mendapatkan kepercayaan itu karena lalai ketika mengirim barang.
Mulai dari kesalahan alamat, keterlambatan waktu sampai, hingga produk
yang datang tidak sama dengan yang difoto dan dengan yang dipesan.
4. Tidak memperbarui status ketersediaan barang
Salah
satu yang harus ada dalam detail produk adalah stok atau ketersediaan
barang. Hal ini sangat penting bukan hanya bagi kita pemilik toko
online, namun juga untuk pelanggan. Banyak toko online tidak
memperbaharui stok atau ketersediaan barang mereka. Sehingga ini bisa
menyebabkan miss komunikasi antara pelanggan dan pemilik toko online.
Pelanggan bisa saja kecewa atau marah ketika barang yang mereka inginkan
bertuliskan masih ada atau stok lebih dari 1, namun ketika memesan
ternyata stok sudah habis. Sebaiknya selalu lakukan update untuk stok
barang. Atau bisa juga dengan update otomatis dari CMS toko online yang
anda miliki.
5. Lama menanggapi pertanyaan pembeli
Tidak
jarang pembeli mengajukan pertanyaan mengenai produk anda atau
konfirmasi pembayaran. Hal ini biasanya terjadi bisa melalui email, sms,
telepon, atau bahkan melalui sosial media. Banyak pelanggan meragukan
sebuah toko online karena ketika mereka bertanya mengenai suatu produk,
tidak segera mendapat jawaban. Hal ini yang membuat pelanggan malas
untuk meneruskan transaksi mereka. Sebaiknya ketika pelanggan bertanya
mengenai produk anda, jangan biarkan mereka menunggu lama untuk mendapat
jawaban dari kita. Usahakan beri mereka jawaban sesegera mungkin.
0 komentar:
Posting Komentar